Kekeringan adalah merupakan salah satu bencana yang sulit dicegah dan datang berulang. Secara umum pengertian kekeringan adalah ketersediaan air yang jauh di bawah dari kebutuhan air untuk kebutuhan hidup, pertanian, kegiatan ekonomi dan lingkungan. Terjadinya kekeringan di suatu daerah bisa menjadi kendala dalam peningkatan produksi pangan di daerah tersebut. Di Indonesia pada setiap musim kemarau hampir selalu terjadi kekeringan pada tanaman pangan dengan intensitas dan luas daerah yang berbeda tiap tahunnya.
Kekeringan merupakan salah satu fenomena yang terjadi sebagai dampak penyimpangan iklim global seperti El nino dan Osilasi Selatan. Dewasa ini bencana kekeringan semakin sering terjadi bukan saja pada periode tahun-tahun El Nino, tetapi juga pada periode tahun dalam keadaan kondisi normal, Salah satunya di Kabupaten bogor, kejadian kekeringan masih tidak bisa di hindari, salah satunya terjadi di Kecamatan Citeurep dan Kecamtan Tamansari pada hari Senin 30/09/2019 pada jam  07:30 WIB.
Kecamatan Citeureup Kabupaten Bogor, telah terjadi kekeringan karena musim kemarau panjang mengakibatkan sebagian warga dilokasi tersebut kekurangan air bersih. TRC BPBD Kabupaten Bogor koordinasi dengan aparat desa setempat dan melakukan Pendistribusian air bersih di lokasi pengambilan air bersih Kantor BPBD Kab Bogor, sebanyak 5000 Liter, kejadian ini terjadi di

Lokasi Kejadian :
-Kp Bolang Rt 02/05
Desa Tajur

Total Warga :
116 KK, 288 jiwa.

Kecamatan Tamansari Kabupaten Bogor, telah terjadi kekeringan karena musim kemarau panjang mengakibatkan sebagian warga dilokasi tersebut kekurangan air bersih. TRC BPBD Kabupaten Bogor koordinasi dengan aparat desa setempat dan melakukan Pendistribusian air bersih di lokasi pengambilan air bersih Perusahan air curah Zam Zam sebanyak 5.000 Liter untuk 4 lokasi dan didistribusikan melalui bak penampungan milik warga sekitar.

Lokasi Kejadian :
Kp. Warung Lowa Rt 01.02 Rw 12 Desa Sukaluyu Kec. Tamansari.

Korban Terdampak:
1. Kp. Warung lowa Rt 01 / 12
75 kk 255 jiwa.

2. Kp. Warung Lowa Rt 02/12
65 kk 210 jiwa

Total Warga :
140 KK, 465jiwa.

Salam Tangguh….

Salam Kemanusiaan

 

BPBD KABUPATEN BOGOR
Alamat : Jl. Raya Tegar Beriman No. 1 Kelurahan Pakansari Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor
☎ : (021) 87914800 /Fax : (021) 87914900

Kekeringan di Kecamatan Citeurep dan Kecamtan Tamansari pada hari Senin 30/09/2019