Badan Penanggulangan Bencana Daerah

JAKARTA - Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB mengunjungi kantor Badan Klimatologi dan Geofisika (BMKG) di Jalan Jalan Angkasa I No. 2, Kemayoran, Jakarta Pusat (27/1). Kunjungan yang dipimpin oleh Kepala Pusat Data Informasi dan Humas, Sutopo Purwo Nugroho bersama dengan 50 staf Pusdatinmas disambut baik oleh Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami Drs. Moch. Riyadi, M.Si , Kepala Bidang Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca, Ramlan, M.Si, serta Kepala Sub Bagian hubungan Pers dan Media, Taufan Maulana, S.Ikom.

Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka peningkatan kapasitas SDM dalam mempelajari mitigasi dan manajemen bencana oleh BMKG. Antara lain memahami system peringatan dini (Early Warning System), serta cara kerja BMKG dalam menggunakan data dan informasi kebencanaan serta distribusi informasi publik dalam konteks klimatologi dan gempa bumi.

Pada kesempatan tersebut, rombongan Pusdatinmas BNPB juga mengunjungi Stasiun Geofisika di ruang operasional CEWS, MEWS, InaTEWS serta Taman Alat yang terdiri dari peralatan konvensional dan otomatis terhadap pengujian iklim, diantaranya adalah pengukur curah hujan dan kelembaban udara, alat pengukur radiasi matahari, pengukur kualitas udara, dan lain sebagainya.



2017 © Badan Penanggulangan Bencana Daerah